Just Tell The Truth

de-truth

Resume Persekutuan Umum Jumat, 23 September 2016

Just Tell The Truth

Berbicara tentang KEJUJURAN, ternyata kejujuran dapat dikategorikan meliputi :

  1. Perkataan

Pada Amsal 16 : 13 Firman Tuhan mengatakan  “Bibir yang benar dikenan raja, dan orang yang berbicara jujur dikasihiNya” dan juga Amsal 12 : 6 yang berbunyi “Perkataan orang fasik menghadang darah, tetapi mulut orang jujur menyelamatkan orang”

  1. Perbuatan

Amsal 20 : 11  mengatakan “Anak-anakku pun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya”

  1. Motivasi

Dalam Filipi 1 : 18 mengatakan “Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken”

 

Hidup menjadi orang jujur pasti memiliki PERJUANGAN. Apa aja yang menjadi perjuangan kitaa sebagai umat Kristen menjadi orang yang jujur ?

  1. Jumlah yang percaya kepada Tuhan itu minoritas

Seperti terdapat pada Yohanes 8 : 44 yaitu, Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
Perjuangan untuk hidup jujur memang sulit karena berbeda dari mayoritas kebanyakan orang.

  1. Sesuai dengan Yeremia 17 : 9, Betapa liciknya hati, lebih lici dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu : siapakah yang dapat mengetahuinya?
  2. Sistem yang telah rusak karena dosa
  3. Memudahkan dan merupakan jalan pintas seperti pada Mazmur 37 : 1 – 2.(1) Dari Daud. Jangan marah karena orang berbuat jahat, jangan iri hati kepada orang yang berbuat curang: (2) sebab mereka segera lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuh-tumbuhan.
  4. Adanya resiko kejujuran, seperti memutuskan untuk tidak mencotek, mungkin hasil yang kita dapat tidak lebih bagus dari teman yang mencontek.

 

Tokoh-Tokoh Alkitab yang kita ketahui MEMPERJUANGKAN Kejujuran antara lain adalah Tuhan sendiri (Markus 12 : 14 ) Orang-orang itu datang dan berkata kepadaNya: “Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak ?” , ada juga tokoh lain seperti Daud (1 Samuel 29 : 6), Hizkia (2 Tawarikh 31 : 20), Ayub (Ayub 1 : 1), Daniel (Daniel 6 : 5), dan lainnya yang terdapat di Alkitab.

 

Mengapa kita perlu memperjuangankan kejujuran ?
Kita dapat melihat dalam Matius 5 : 37 dimana Tuhan sendiri yang mengatakan Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. Dan pada Imamat 19:11  kita diberi larangan Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya. Pada Keluaran 20 : 16 Tuhan juga memberikan larangan Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

 

Dari tadi diperlihatkan betapa sulitnya memperjuangkan kejujuran. Di sini Tuhan juga memiliki janji kepada orang orang yang  memperjuangkan kejujuran yang dapat kita lihat pada Amsal 2 : 7, Amsal 3 : 32, Amsal 11 : 11, Amsal 12 : 6, Amsal 14 : 11, Amsal 16 :13 maupun Mazmur 140 : 13. Satu orang yang jujur bisa mempengaruhi lingkungannya dan dengan begitu menyelamatkan orang lain dari kejatuhan dosa.

 

Untuk menjadi orang yang jujur apa saja sih syarat yang harus kita penuhi ? Tentu saja sebagai berikut :

  1. Percaya kepada Tuhan Yesus / Bertobat menerima Tuhan Yesus
  2. Tinggal di dalam Tuhan à berbuah
  3. Berkomitmen untuk hidup benar ddi hadapan Tuhan
  4. Melihat nilai kejujuran
  5. Mulai dari perkara sederhana
  6. Tidak mudah berkompromi

 

Selain memenuhi SYARAT tersebut, kita juga harus mampu melaksanakannya dalam :

  • Perkataan
  1. Ya katakan Ya, tidak katakan tidak
  2. Berbicara sesuai fakta
  3. Tidak memfitnah
  4. Tidak berbohong
  5. Jika tidak tahu, katakan tidak tahu
  • Perbuatan
  1. Menepati janji & komitmen
  2. Melakukan tugas & tanggungjawab
  3. Tidak berbuat curang
  4. Tidak korupsi, memakan uang orang lain
  5. Selsaikan dosa
  • Motivasi
  1. Mengerti motivasi yang benar
  2. Memuliakan Tuhan
  3. Ketaatan kepada Tuhan
  4. Evaluasi motivasi

Kejujuran adalah keharusan bagi orang yang memandang Kristus sebagai yang utama dalam hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *