Family in God

Resume Persekutuan umum 13 Mei 2016

Peran Roh Kudus bagi orang percaya

Turunnya Roh Kudus ke dunia biasa kita peringati sebagai Pentakosta. Dalam Kisah rasul 2:1-4, di hari pentakosta semua orang percaya berkumpul di suatu tempat, turun bunyi dari langit seperti tiupan angin keras, tampak lidah lidah seperti nyala api dan hinggap ke mereka, maka penulah mereka dengan Roh Kudus. Di Lukas 11:13, kita diingatkan bahwa sejahat jahatnya kita, kita pasti tahu apa yang terbaik untuk anaknya, apalagi Bapamu di sorga. Ia akan memberikan Roh Kudus untuk mereka yang meminta kepadaNya.

Dari dua ayat di atas, kita mengetahui satu hal yaitu Tuhan naik ke sorga untuk menyuruh Roh Kudus turun ke dunia memenuhi kita dan kepada mereka yang meminta kepada Nya, Tuhan akanĀ  memberikan Roh Kudus kepada mereka.

Kenapa sih Tuhan memberikan Roh Kudus kepada kita umatNya? Apa sih peran Roh Kudus dalam hidup kita?

Berikut adalah jawaban dari dua pertanyaan di atas:

  1. Roma 8:15-16, Roh Kudus menyaksikan kita adalah anak Allah
  2. Roma 8:14, Roh Kudus memimpin kita kepada kebenaran Allah, dalam Yohanes 16:13-14, kebenaran Allah dalam bentuk Firman Allah, hal hal yang akan datang.
  3. Roma 15:13, Roh Kudus menguatkan kita. Dia menunjang kita dan mengisi hati kita agar bisa kuat menghadapi persoalan

Dari Yeremia 17:9, Amsal 4:23, kita diberi tahu bahwa hati itu licik lebih licik dari segala sesuatu dan kita disuruh menjaga hati dengan kewaspadaan, karena

  1. Kisah rasul 1:8, Roh Kudus memampukan kita
  2. Roma 8:26-27, galatia 6:18, yudas 20, Roh Kudus membantu kita berdoa.
  3. 1 korintus 2:10-11, Roh Kudus membantu kita untuk mengerti perkara Allah yang bersifat rohani, spiritualitas..
  4. 2 korintus 3:18, Roh Kudus menyempurnakan kita

Dari ayat ayat di atas, kita mengetahui bahwa Roh Kudus banyak bekerja dalam hidup kita. Kita bisa melakukan segala suatu karena Tuhan telah memberikan Roh Kudus kepada kita sehingga kita dimampukan. Jika kita ingin mengubah sifat dan karakter kita, mintalah Roh Kudus kepada Tuhan agar kita dipimpin, diubahkan, dimampukan, dikuatkan dan disempurnakan. Kita ga mungkin bisa berubah jika kalo kita ga minta penyertaan Roh Kudus dan mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan, mintalah bantuan Roh Kudus. Selalu andalkan Tuhan dalam kehidupan kita.2016-07-25 03_06_48-1_1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *